Perkembangan globalisasi menuntut sekolah dapat menyiapkan lulusannya untuk dapat bersaing dalam memasuki dunia kerja. Lebih jauh lagi sekolah diharapkan dapat menyiapkan lulusannya mampu berdiri sendiri dengan membuka usaha yang dapat memberikan penghidupan bagi dirinya dan masyarakat sekitarnya.

Dalam rangka mempersiapkan hal tersebut maka di SMK BHS diberikan pelajaran kewirausahan dengan tujuan mengenalkan kepada peserta didik dunia usaha keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Materi pelajaran kewirausahaanpun tidak hanya soft skill namun juga ditambah dengan keterampilan dalam mengelola usaha. Agar aplikasi dari materi tersebut bisa diaplikasikan peserta didik sebelum lulus maka diperlukan tempat agar peserta didik dapat berpraktik sehingga jika peserta didik mengalami kendala, guru dapat memberikan bimbingan. Tempat yang tepat untuk praktik tersebut adalah business center.

Mengingat pentingnya peranan dari business center, maka SMK BHS berupaya mengembangkan sebuah business center yang berorientasi kreatif, edukatif dan profit. Business center diharapkan dapat menjadi wadah kreativitas peserta didik. Hasil-hasil kreatifitas tersebut bisa dijual di koperasi sekolah yang merupakan bagian dari business center sehingga peserta didik dapat penghasilan dari kreativitas yang dimiliki mereka.

Tujuan business center SMK BHS adalah:

  1. Meningkatkan pelaksanaan kegiatan praktek intra dan ekstra kurikuler.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan agar tamatan SMK benar-benar merupakan tenaga kerja terampil dan layak kerja di dunia usaha, sesuai bidang atau kompetensi keahlian masing-masing.
  3. Meningkatkan kesejahteraan seluruh warga sekolah.
  4. Meningkatkan pelayanan terhadap peserta didik SMK BHS.
  5. Menambah semangat kebersamaan.
  6. Untuk mengembangkan sikap mandiri dan percaya diri dalam pelaksanaan kegiatan praktik.
  7. Mendukung pelaksanaan dan pencapaian pendidikan sekolah seutuhnya.
  8. Memberikan kesempatan kepada peserta didik dan guru untuk mengerjakan pekerjaan praktik yang berorientasi pasar.
  9. Menjalin hubungan yang lebih baik dengan dunia usaha/industri atau masyarakat lain atas terbukanya fasilitas untuk umum.
  10. Meningkatkan kreativitas guru dan peserta didik.
  11. Menumbuhkan sikap profesional produktif peserta didik dan guru.
  12. Melatih supaya tidak tergantung dengan orang lain.
  13. Mengadakan kegiatan intra, dan ekstra kurikuler peserta didik.
  14. Meningkatkan kualitas tamatan dalam berbagai segi terutama dalam hal pengetahuan dan keterampilan.

Berikut produk yang dijual oleh Bisnis Center SMK BHS Sumedang:

  1. Jasecang
    Jasecang merupakan minuman herba yang dikembangkan oleh Kelompok Ilmiah Remaja SMK BHS. Saat ini, jasecang menjadi salah satu produk kreatif dan kewirausahaan di SMK Bina Harapan Sumedang. Jasecang berkhasiat untuk meningkatkan stamina tubuh, menjaga daya tahan tubuh, menghangatkan tubuh, dan mengobati diare.
  2. Lacryma Masker Wajah
    Lacryma Masker Wajah telah melalui uji klinis. Lacryma Masker Wajah terbukti mencerahkan wajah setelah pemakaian. Berkhasiat juga untuk menghilangkan bekas jerawat, menyamarkan noda hitam di wajah, dan mengencangkan kulit wajah.
  3. Leungit Aromaterapi
    Leungit Aromaterapi merupakan lilin aromaterapi yang dikembangkan oleh siswa SMK Bina Harapan Sumedang. Warna pada lilin ini dihasilkan dari ekstrasi kunyit sebagai pewarna kuning dan ekstrasi daun pandan sebagai pewarna hijau. Lilin Aromaterapi memiliki empat aroma unggulan, diantaranya aroma rose, jasmine, citrus dan lavender. Aroma pada lilin berkhasiat untuk rileksasi dan membuat tidur lebih nyenyak.
  4. An+is SMK BHS
    An+is merupakan antiseptic gel yang dikembangkan oleh siswa di bawah bimbingan guru kimia. Antiseptic ini mengambil khasiat dari daun sirih sebagai pembunuh kuman.
  5. Monzae Candy
    Monzae Candy merupakan permen chewy yang memadukan sari jahe dan lemon. Monzae diproduksi dengan khasiat menghangatkan tenggorokan, stimulansia serta mengurangi mual.
  6. Sarerang Kawung
    Sarerang Kawung adalah produk yang terbuat dari abu pelepah pohon aren. Produk ini terinspirasi kosmetik tradisional Indonesia yang sudah terbukti khasiatnya untuk perawatan kulit badan serta wajah secara tradisional. Masker ini berkhasiat menghilangkan flek hitam, noda bekas luka, bekas cacar atau jerawat, serta menghaluskan kulit yang kasar.