Kegiatan ekstrakurikuler di SMK BHS terdiri dari ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Ekstrakurikuler wajib di SMK BHS yaitu ekstrakurikuler Pramuka. Pramuka dipilih sebagai ekstrakurikuler wajib berdasarkan Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 tentang Pendidikan Ekstrakurikuler Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Tujuan ekstrakurikuler pramuka diselenggarakan di sekolah yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor serta mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.

Adapun ekstakurikuler pilihan yang bersifat pengembangan kemampuan prestatif dan pengembangan kemampuan individual untuk berorganisasi, diantaranya:

  1. KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)
    Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) merupakan ekstrakurikuler yang memfasilitasi peserta didik untuk melakukan serangkaian kegiatan menghasilkan suatu karya yang disebut karya ilmiah. Berikut merupakan program kegiatan yang akan diadakan oleh ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR):

    1. Mading ilmiah
      Mading ilmiah merupakan kegiatan mengisi majalah dinding sekolah dengan informasi seputar ilmu pengetahuan dan teknologi.
    2. Sharing Inspirasi
      Kegiatan sharing inspirasi merupakan kegiatan berbagi ide, gagasan, kisah, atau cerita yang bersifat menginsipari anggota ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja agar tetap memiliki semangat dalam meningkatkan prestasi dan produktif.
    3. Green School
      Kegiatan green school merupakan kegiatan menghijaukan sekolah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang mendorong warga kampus untuk cinta kepada lingkungan seperti melakukan penanaman tumbuhan–tumbuhan di kawasan sekolah, memberikan persetujuan dan dorongan terhadap regulasi dan kegiatan pemilahan sampah, dan kegiatan cinta lingkungan lainnya.
  2. Pengenalan Metode Ilmiah
    Kegiatan pengenalan metode ilmiah merupakan kegiatan memberikan pengetahuan tentang metode – metode ilmiah yang dilakukan guna menciptakan karya ilmiah.
  3. Palang Merah Remaja
    Palang Merah Remaja adalah ekstrakurikuler yang bertujuan mengenalkan peserta didik terhadap bidang kesehatan dan mengarahkan peserta didik untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana. Pembinaan untuk anggota ekstrakurikuler PMR ini dilakukan satu minggu sekali. Untuk pembinaan biasanya sekolah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sumedang.
  4. Olah Raga: Futsal dan Badminton
    Ekstrakurikuler olahraga diselenggarakan untuk peserta didik yang mempunyai bakat dan kemampuan di bidang olahraga khususnya cabang olahraga futsal dan badminton.Pelaksanaan pelatihan esktrakurikuler olahraga ini dilakukan satu minggu sekali. Untuk futsal jenis latihan yang biasa dilakukan circuit training dan physical the ball. Selain itu, peserta didik juga diberikan latihan bertanding. Hal tersebut dilakukan untuk menilai perkembangan peserta didik di dalam olahraga futsal. Adapun untuk ekstrakurikuler badminton jenis latihan yang biasa dilakukan circuit training foot work dan small side game. Selain itu, peserta didik juga diberikan latihan bertanding. Hal tersebut dilakukan untuk menilai perkembangan peserta didik di dalam olahraga badminton.
  5. Rohis (Rohani Islam)
    Rohani Islam (Rohis) merupakan ektrakurikuler yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperdalam wawasan peserta didik terhadap agama Islam. Dengan adanya ekstrakurikuler rohis, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan ajaran islam. Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan agama Islam seringkali diselenggarakan oleh rohis. Namun, program yang menjadi prioritas pada tahun ini adalah BTQ. BTQ dilaksanakan satu minggu sekali. Pembelajarannya dilakukan di dalam kelas dan dibimbing oleh guru. Pembagian kelas dibagi berdasarkan kemampuan siswa dalam baca, tulis Al-Quran.