PPDB SMK BHS

Strategi implementasi penguatan pendidikan karakter di SMK BHS, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengintegrasian dalam pembelajaran
    Pengintegrasian nilai utama dalam pembelajaran dimulai dari melakukan analisis KD melalui identifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam materi pembelajaran. Kemudian, guru mendesain RPP yang memuat fokus penguatan karakter dengan memilih metode pembelajaran dan pengelolaan (manajemen) kelas yang relevan. Setelah itu, melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP dan melaksanakan penilaian otentik atas pembelajaran yang dilakukan serta melakukan refleksi dan evaluasi tethadap keseluruhan pembelajaran.
  2. Manajemen kelas
    Manajemen kelas merupakan momen pendidikan yang menempatkan guru sebagai individu yang berwenang dan memiliki otonomi dalam proses pembelajaran untuk mengarahkan, membangun kultur pembelajaran, mengevaluasi, dan mengajak seluruh komunitas kelas membuat komitmen bersama agar proses pembelajaran menjadi efektif dan berhasil. Berikut ini contoh pengelolaan kelas yang berusaha memberikan penguatan karakter.

    1. Peserta didik harus selalu menjaga kebersihan kelas (menguatkan nilai bersih)
    2. Peserta didik bersedia mendapatkan sanksi sebagai bentuk konsekuensi dan bentuk tanggung jawab bila terjadi keterlambatan dalam mengerjakan atau mengumpulkan tugas (dapat menguatkan nilai taat hukum, disiplin dan tanggung jawab)
    3. Peserta didik harus berkelompok untuk mendiskusikan suatu topik atau masalah tertentu (dapat menguatkan nilai kerja sama)
  3. Melalui pilihan dan penggunaan metode pembelajaran
    Penguatan pendidikan terintegrasi dalam kurikulum dilakukan melalui pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Guru memilih agar metode pembelajaran yang digunakan secara tidak langsung menanamkan pembentukan karakter peserta didik.
  4. Melalui layanan bimbingan dan konseling
    Penguatan pendidikan berkarakter dilakukan secara terintegrasi melalui pendampingan siswa melalui bimbingan dan konseling.
  5. Berbasis budaya
    Pengembangan PPK berbasis budaya sekolah termasuk di dalamnya keseluruhan tata kelola sekolah, desain kurikulum tingkat satuan pendidikan, serta pembuatan peraturan dan tata tertib sekolah.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di SMK BHS sebagai upaya membudayakan pendidikan penguatan karakter peserta didik yaitu infak pada hari jumat untuk penguatan karakter aspek peduli, pungut sampah (bersih), warung kejujuran (jujur), dan datang tepat waktu (disiplin).